tugas Cybermedia (materi perkuliahan)

Sistem Informasi dan Teknologi Informasi
Apakah Sistem Informasi Itu?
Sistem Informasi dapat dibedakan menjadi 2, sistem informasi manual dan sistem informasi berbasis komputer (CBIS). CBIS atau selanjutnya disebut sistem informasi (SI) saja adalah jenis sistem informasi yang menggunakan computer. http://sia.uin-suka.ac.id
Contoh Sistem Informasi
 Sistem reservasi pesawat terbang
 Sistem untuk menangani penjualan kredit kendaraan bermotor
 Sistem biometrik
 Sistem Absensi “Finger Print”
 Sistem manajemen Rumah Sakit
 Sistem POS (point-of-sale)
 Sistem telemetri
 Sistem berbasiskan kartu cerdas (smart card)
 Sistem yang dipasang pada tempat-tempat publik yang memungkinkan seseorang mendapatkan informasi seperti hotel, tempat pariwisata, pertokoan, dan lain-lain
 Sistem layanan akademis berbasis Web
 Sistem pertukaran data elektronis (Electronic Data Interchange atau EDI)
 E-government atau sistem informasi layanan pemerintahan yang berbasis Internet.
Sifat Sistem Informasi
 Tidak harus kompleks
 Bisa saja menggunakan sebuah komputer
Kemampuan SI (Turban, McLean, dan Wetherbe, 1999)
 Melaksanakan komputasi numerik, bervolume besar, dengan kecepatan tinggi
 Menyediakan komunikasi dalam organisasi atau antarorgansiasi yang murah, akurat, dan cepat
 Menyimpan informasi dalam jumlah yang sangat besar dalam ruang yang kecil tetapi mudah diakses
 Memungkinkan pengaksesan informasi yang sangat banyak di seluruh dunia dengan cepat dan murah
 Meningkatkan efektivitas dan efisiensi orang-orang yang bekerja dalam kelompok dalam suatu tempat atau pada beberapa lokasi
 Menyajikan informasi dengan jelas yang menggugah pikiran manusia
 Mengotomasikan proses-proses bisnis yang semiotomatis dan tugas-tugas yang dikerjakan secara manual
 Mempercepat pengetikan dan penyuntingan
 Melaksanakan hal-hal di atas jauh lebih murah daripada kalau dikerjakan secara manual
Peranan Sistem Informasi (Alter, 1992)
 Berpartisipasi dalam pelaksanaan tugas-tugas Otomasi
 Mengaitkan perencanaan, pengerjaan, dan pengendali dalam sebuah subsistem
 Mengkoordinasikan subsistem-subsistem
 Mengintegrasikan subsistem-subsistem.
Apakah Teknologi Informasi Itu?
 Kamus Oxford (1995) : TI adalah studi atau penggunaan peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisis, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar
 Alter (1992), TI mencakup perangkat keras dan perangkat lunak untuk melaksanakan satu atau sejumlah tugas pemrosesan data seperti menangkap, mentransmisikan, menyimpan, memgambil, memanipulasi, atau menampilkan data
 Martin (2002) : TI tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi
 Lucas (2000) : TI adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan infromasi dalam bentuk elektronis
Teknologi Informasi (Haag, 2000)
 Teknologi Masukan
 Teknologi Keluaran
 Teknologi Perangkat Lunak
 Teknologi Penyimpan
 Teknologi Telekomunikasi
 Teknologi Pemroses
Beberapa Alasan Investasi TI
 Adanya kebutuhan untuk mempertahankan dan meningkatkan posisi kompetitif
 Mengurangi biaya
 Meningkatkan fleksibilitas dan tanggapan
Alasan Penerapan TI pada Bidang Pemasaran (O’Connor dan Galvin 1997)
 Teknologi informasi mempengaruhi proses pengembangan strategi pemasaran karena teknologi informasi memberikan lebih banyak informasi ke manajer melalui pemakaian sistem pengambilan keputusan (Decision Support Systems atau DSS)
 Teknologi informasi memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan berbagai bagian yang berbeda dalam organisasi dan menyediakan banyak informasi ke manajer. Sebagai contoh, sistem informasi eksekutif (Executive Information Systems atau EIS) mempengaruhi aliran informasi secara vertikal dalam perusahaan. Pihak manajemen atas memiliki akses informasi yang lebih besar dan mengurangi ketergantungan sumber informasi terhadap manajemen menengah. Jaringan telekomunikasi memungkinkan informasi mengalir dengan mudah dan cepat di antara departemen dan divisi yang berbeda.
 Teknologi informasi juga mempengaruhi antarmuka-antarmuka organsiasi dengan lingkungan, seperti pelanggan dan pemasok. Sistem antarorganisasi yang dilengkapi dengan pertukaran data elektronis (EDI) menciptakan hubungan yang lebih dekat antara organisasi dan pemasok, memfasilitasi manajemen sediaan yang lebih efisien dan memungkinkan pendekatan tepat waktu dalam melakukan pemesanan kembali
Peranan TI
 Teknologi informasi menggantikan peran manusia. Dalam hal ini, teknologi informasi melakukan otomasi terhadap suatu tugas atau proses.
 Teknologi memperkuat peran manusia, yakni dengan menyajikan informasi terhadap suatu tugas atau proses.
 Teknologi informasi berperan dalam restrukturisasi terhadap peran manusia. Dalam hal ini, teknologi berperan dalam melakukan perubahan-perubahan terhadap sekumpulan tugas atau proses.
Pengaruh TI dalam Proses Bisnis
 Aturan lama: Manajer membuat semua keputusan
 Teknologi informasi: Perangkat pendukung keputusan (akses basis data, perangkat lunak pemodelan)
 Aturan baru: Pembuatan keputusan adalah bagian pekerjaan dari setiap orang
 Aturan lama: Hanya para pakar yang dapat melaksanakan pekerjaan kompleks
 Teknologi informasi: Sistem pakar (expert system)
 Aturan baru: Orang awam dapat melakukan pelerjaan seseorang pakar
 Aturan lama: Informasi hanya dapat muncul dalam satu tempat pada satu saat
 Teknologi informasi: Berbagi basis data
 Aturan baru: Informasi dapat muncul di banyak tempat secara serentak ketika diperlukan
 Aturan lama: Petugas lapangan memerlukan tempat yang digunakan untuk menerima, menyimpan, mengambil, dan mengirimkan informasi
 Teknologi informasi: Komunikasi data tanpa kabel dan komputer portabel
 Aturan baru: Petugas lapangan dapat mengirim dan menerima informasi kapan saja diperlukan
Strategi Menuju Keunggulan Kompetitif
 Strategi biaya, yakni menjadikan produsen dengan biaya yang rendah, memberikan harga yang lebih murah terhadap pelanggan, menurunkan biaya dari pemasok, atau meningkatkan biaya pesaing untuk tetap bertahan di industri
 Strategi diferensiasi, yakni mengembangkan cara-cara untuk membedakan produk/jasa yang dihasilkan perusahaan terhadap pesaing sehingga pelanggan menggunakan produk/jasa karena adanya manfaat atau fitur yang unik
 Strategi inovasi, yakni memperkenalkan produk/jasa yang unik, atau membuat perubahan yang radikal dalam proses bisnis yang menyebabkan perubahan-perubahan yang mendasar dalam pengelolaan bisnis.
 Strategi pertumbuhan, yakni dengan mengembangkan kapasitas produksi secara signifikan, melakukan ekspansi ke dalam pemasaran global, melakukan diversifikasi produk/jasa baru, atau mengintegrasikan ke dalam produk/jasa yang terkait.
 Strategi aliansi, yakni membentuk hubungan dan aliansi bisnis yang baru dengan pelanggan, pemasok, pesaing, konsultan dan lain

INTERNET :
Revolusi Komunikasi dan Informasi
 Evolusi/Revolusi Internet
Lima Tahap Evolusi Internet :
– Tahap brochureware
• Transfer bisnis tradisional ke Internet
– Menciptakan produk dan jasa baru untuk Internet
– Lahirnya Intranet
• Menghubungkan karyawan di perusahaan
– Lahirnya Ekstranet
• Menghubungkan suplier, distributor, pelanggan, mitra bisnis
– E-business
Web sebagai medium penyebaran informasi
 Memiliki banyak kelebihan dibandingkan media massa lain.
 Mudah, cepat dan murah dengan jangkauan dunia
 Untuk menjangkau 60 juta orang :
– Butuh 30 tahun untuk radio
– Butuh 15 tahun untuk televisi
– Butuh 3 tahun untuk Web
Web sebagai sumber informasi utama
 Informasi apapun bisa dicari di Web
 Informasi publik “harus”disebarluaskan melalui Web
 Banyak perusahaan sudah membangun situs Web. Situs komersial tumbuh paling cepat
 Bermunculan situs media online (berbasis media cetak maupun yang tidak)
– Kompas Cyber Media, Detik, Satunet, CNN, dll
 Internet menjadi tujuan pertama untuk informasi terbaru
 Tersedia search engine untuk mencari informasi, maupun situs web dengan cepat dan mudah
– Yahoo, Infoseek, Altavista, Excite, Catcha
 Trend : Informasi akan gratis
– Encyclopedia Britannica, 32 set buku tersedia gratis di Internet
– The more information you share, the greater your return on that information
 Personalised :
– Pengguna mendapat informasi yang diinginkan saja
• Amazon tahu buku jenis apa yang kita beli dan dikirimi informasi buku yang sejenis
– Menghemat waktu
 Tradisional : Knowledge is power
 Net : Dissemination of knowledge is power
– (Power will be in knowledge dissemination, not knowledge collection)
Web sebagai medium komunikasi dunia
 Melalui e-mail, dengan biaya murah
 Menjadi identitas “wajib”bagi pelaku bisnis
 Sarana interaktif untuk mewujudkan bisnis melalui Internet : sales inquiry, order, registrasi klien, jadwal pengiriman, dll
 Web sebagai infrastruktur
– Telepon Internasional melalui Internet : biaya lebih murah
 Home goes to work, work goes home
E-commerce
 Melalui Internet, menghubungkan secara langsung : supplier, pabrik, distributor, pelanggan
 Mempercepat proses desain, order hingga pengiriman
 Menghemat waktu dan ruang antar mitra bisnis -> menghemat biaya
 Menghasilkan uang dari Internet
Fakta-fakta
 E-commerce di Amerika Serikat :
– B-C mencapai 15 milyar dolar AS
– B-B mencapai 109 milyar dolar AS
 Masih relatif kecil dibandingkan dengan nilai transaksi total sebesar 2,7 triliun dolar AS
 Tetapi akan dengan cepat menggantikan bisnis tradisional
 Competition is just a mouse click away
 Net : buyer driven commerce
 Any person will be able to buy anything from anyone at anytime from anywhere
Web sebagai komunitas
 e-mail, chatting, mailing-list, newsgroup
 Tempat bertemunya pengguna Internet, baik person to person maupun person to group
 Sesuai dengan kelompok dengan kesamaan minat
– Diskusi, tukar pendapat, pemecahan masalah, dll
 “Anyone can find anyone or anything at anytime”
Web sebagai pasar dunia
 Jutaan pengguna Internet di seluruh dunia
 Perusahaan besar ataupun kecil tampak sama
 Jutaan perusahaan menawarkan produk (komputer hingga pizza)
 Jutaan orang mengunjungi untuk mencari produk
 Menuju era e-commerce (e-business)
 Lelang Online
 Lokasi menjadi tidak masalah (dimanapun)
 Penjual merasa aman karena harga tidak terlalu rendah
 Pembeli yakin harga tidak terlalu mahal
 Meminimalkan biaya transaksi
 Siapa saja bisa menjadi penjual dan pembeli (banyak ke banyak)
– Kalau toko hanya satu ke banyak
Lelang Online
 Lokasi menjadi tidak masalah (dimanapun)
 Penjual merasa aman karena harga tidak terlalu rendah
 Pembeli yakin harga tidak terlalu mahal
 Meminimalkan biaya transaksi
 Siapa saja bisa menjadi penjual dan pembeli (banyak ke banyak)
– Kalau toko hanya satu ke banyak
Contoh :
 E-bay : http://www.ebay.com
 Memiliki 7,7 juta anggota
 Melelang 3,3 juta barang
 Barang dikelompokkan dalam 2.900 kategori
 Tiap hari terjadi penawaran sejumlah 2,9 juta dengan 350 ribu barang terjual
 Sejak 1995 telah mencatat 126 juta penawaran
 Membentuk sebuah komunitas global
 Contoh lain : lelang2000.com
Mailing-List
 Komunikasi dari banyak ke banyak
 Membangun keterbukaan
 Menyelesaikan masalah bersama
– Tanpa kendala tempat dan waktu
 Membangun sebuah komunitas
– Lingkungan hidup, e-commerce, web design, Kompas, dll
 Tersedia gratis : egroups.com
Lowongan Kerja
 Perusahaan memasang lowongan di Internet
– (bisa membayar, bisa gratis)
 Dimasukkan dalam kategori
 Pencari kerja bisa ‘menawarkan diri’
– Gratis
 Bisa langganan lewat e-mail untuk lowongan kategori tertentu
 Membentuk sebuah komunitas global
 Kompas Cyber Media, JobsDB, Jobstreet
Masa Depan
 Semua serba e :
– e-future, e-trade, e-shop, e-business, e-service, e-tail
 Akses ke Internet tanpa perlu PC
– lewat PalmPilot, kabel TV, mesin game, lemari es pintar, dll
 Telepon selular sudah punya aplikasi e-commerce
– Akses Internet dari mana saja
 Munculnya komunikasi pita lebar (broadband) untuk transmisi data kecepatan tinggi (multimedia)
 Dipenuhi oleh perangkat pintar :
– Scan barcode barang dan segera dikirim penggantinya oleh toko
– Lemari es pintar akan order barang yang sudah habis secara otomatis
 Belanja di masa depan akan sederhana dan nyaman
– Tidak ada kendala tempat, waktu, perangkat
– Harga akan makin kompetitif
 Integrasi voice dan data
 Learn anywhere anytime
Cybertrend
 Menurut Chuck Martin (Net Future) :
– Cybereconomy goes main street
– Wired workforce takes over
– Open-book corporation emerges
– Product become commodities
– Customer becomes data
– Experience communities arise
– Learning moves to real time, all the time
 Internet di Indonesia
 150-200 ribu pelanggan Internet
 500-600 ribu pengguna Internet
 Kendala :
– Akses Internet masih “relatif” mahal bagi kebanyakan orang
• Akses dari kantor
– Akses masih lambat (bandwidth terbatas)
Internet di Indonesia
 Optimis :
– Warung Internet makin menjamur
– Banyak perusahaan sudah “sadar” Internet
– Ekonomi yang membaik
Marketing di Internet
 Membangun situs Web
 Memberitahukan bahwa situs Web tersebut ada
 Menarik orang untuk mengunjungi situs Web
– Keingintahuan orang
– Informasi yang berubah
– Informasi yang bermanfaat
– Atraksi yang unik (kuis, kontes, dll)
 Kunci utama : aktif, interaktif dan terintegrasi
– Mendapatkan informasi dan jasa layanan serta memberikan informasi balik. Feedback, kirim e-mail, komentar, order, inquiry, dll.
– Menempatkan banner atau link direktori di situs Web yang sudah dikenal luas
– Terintegrasi dengan strategi marketing di media tradisional (non Internet)

Aplikasi Teknologi Media
 Sejarah Multimedia
 Berawal dari teater
 Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium
 Pertunjukan multimedia meliputi monitor video , Synthesized band dan karya seni manusia
 Sejarah Multimedia
 Tahun 1987 Hypercard oleh Apple
 Perangkat lunak Audio Visual Connection dan video adapter card bagi ps/2 oleh IBM tahun 1989
Multimedia
 Sebuah sistem yang melibatkan banyak media yang bekerja dibawah kendali komputer.
 Sebuah komputer multimedia perlu mendukung lebih dari satu jenis media yang berbasis antara lain : teks, gambar, video, animasi dan audio.
 Sebuah komputer multimedia dapat melakukan manipulasi pada data text dan gambar yang diubah menjadi data multimedia sehingga menjadi komputer yang berbasis multimedia
 Multimedia
 Sebuah komputer multimedia dapat mengontrol lebih dari satu tipe media yang tidak bergantung dengan waktu ataupun media yang bergantung pada waktu.
Definisi Multimedia
 Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996)
 Multimedia secara umum terdiri dari kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar dan teks (McCornick, 1996)
 Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data baik media audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban, dkk,2002)
 Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin dan Linda, 2001)
Konteks Multimedia
 Pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi
Komponen Multimedia
 Komputer
 Link
 Alat Navigasi
 Tempat
Jenis Multimedia
 Stand Alone Multimedia
 Multimedia based on network
Stand Alone Multimedia
 Stand alone multimedia mempunyai I/O Device untuk menangkap data multimedia yang akan diproses tetapi untuk pelaksanaan proses playback dilakukan pemisahan antara media yang bergantung dengan waktu dengan media yang tidak bergantung pada waktu.
Media Penyimpanan Stand Alone Multimedia
 Magnetic Media
 Optical Media
Media pada Stand Alone Multimedia
 Pokok
 Kapasitas Harddisk yang besar
 Player CD_ROM/DVD-ROM
 Sound Card
 RAM
 Tambahan
 Webcam
 Microphone
 TV Tuner
 Radio Tuner
Multimedia based on Network
 Harus terhubung dengan jaringan
 Mampu melakukan sharing sistem dengan sumber daya yang sama dimana computer yang satu dapat melayani kebutuhan data multimedia dari komputer lain yang terhubung dalam jaringan sehingga dapat dijalankan aplikasi multimedia terdistribusi
 Contoh Multimedia based on Network
 Video Conference
 Video Broadcast
 Tele Conference

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: